• Kopi Radix Sinergi

    Kopi Radix Sinergi

  • Extra Food

    Extra Food

  • Etta Goat Milk

    Etta Goat Milk

  • Madu Asli HPA Indonesia

    Madu Asli HPA Indonesia

Thursday

“Maulid Nabi Muhammad SAW Setiap Hari?”



Dialog seseorang dengan temannya:

A: “Sob, kamu mau ikut maulid nggak?”

Z: “Maulidnya siapa?”

A: “Lah kok malah tanya maulidnya siapa, ya maulidnya nabi Muhammad SAW”

Z:” Saya kira maulidnya kamu”

A: “Memangnya ada maulidnya saya?”

Z: “Lah memangnya kamu nggak tau arti maulid?”

A: (Sambil mikir) … “maulid itu artinya lahir ya, bener nggak?”

Z: “Ya benar, maulid itu artinya kelahiran, maulid nabi artinya kelahiran nabi dan perayaan maulid Nabi SAW artinya perayaan hari lahir Nabi. Begitu sob !”

A:” Oh begitu !”

Z: “By the way, kamu tau nggak apa maksud diadakan perayaan maulid Nabi SAW?”

A:” Ya, untuk mengenang Nabi Muhammad SAW, akhlak dan perjuangan beliau dalam menyebarkan Islam.”

 Z: “Pintar juga sahabat saya yang satu ini”

A: “Siapa dulu dong, saya!”

Z: “Tapi menurut saya, maulid Nabi yang sekarang dilakukan oleh masyarakat hanya sebatas seremonial saja, esensinya tidak diperhatikan oleh mereka”

A: “Maksudnya?”

Z: “Perayaan maulid Nabi itu kan pada umumnya menghabiskan banyak biaya sampai belasan juta bahkan puluhan juta, namun efek yang ditimbulkannya sangat kecil. Banyak orang datang ke maulid namun setelah pulang dari maulid banyak pula yang kelakuannya tidak berubah, masih malas sholat, masih suka ngambil hak orang lain, dan lain-lain”

A: “Itu sih kembali ke pribadi masing-masing, sob ! Tergantung niatnya”

Z: “Nah justru itu, bagaimana caranya dengan biaya yang sama seperti yang dikeluarkan untuk perayaan maulid Nabi, namun efek yang dihasilkannya lebih besar. Kan sayang uang yang belasan juta dan puluhan juta itu, masa habis begitu saja”

A: “Kamu mau melarang saya untuk ikut maulid?”

Z: “Sob, saya tidak sedang membicarakan boleh atau tidaknya mengikuti perayaan maulid. Mohon maaf sob bila saya menyinggung perasaanmu”

A: “Terus yang seharusnya dilakukan dengan uang tsb apa?”

Z: “Sob, jangan esmosi dong! Begini sob:
Bila uang yang banyak tsb digunakan untuk pemberdayaan ekonomi warga plus ditambah kajian rutin yang diwajibkan untuk seluruh warga, hasilnya akan lebih dahsyat sob.
Dalam kajian rutin itu kan kita bisa terus menyampaikan perjuangan Nabi dan mengajak warga untuk menerapkan nilai-nilai Islam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari. Bukankah dengan cara ini kita ‘maulidan’ setiap hari dengan terus belajar ajaran yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW.
Bagaimana menurutmu, sob?”

A: Usulanmu boleh juga. Jadi, tidak hanya merayakan maulid, tapi harus bisa menerapkan pesan maulid Nabi dengan mengamalkan ajaran beliau. Begitu?

Z: Nah, maksud saya begitu sob.

A: Ya sudah nanti saya akan sampaikan ke ketua masjid ulusanmu itu. Btw, kamu mau ikut maulid nggak?

Z: Mohon maaf sob. Saya mau pergi ke tempat saudara karena ada acara disana dan saya sudah janji pula sama beliau akan datang jadi nggak enak kalo nggak datang.

A: Oh ya udah, mudah-mudahan acaranya sukses

Z: Aamiin

(selesai)

No comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah cermin kepribadian anda. Silahkan berkomentar ...